Bukan hanya fisik, kesehatan mental juga perlu dijaga di masa pademi

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) telah berjalan hampir dua bulan sejak awal 3 Juli 2021. Seiring dengan pemberlakuan PPKM, pemerintah mengklaim terjadi penurunan tren kasus infeksi virus Covid-19, khususnya di wilayah Jawa-Bali. Kendati demikian, angka kematian akibat Covid-19 belum menunjukkan tanda penurunan.

Namun, masyarakat tetap di himbau untuk selalu menaati aturan yang dibuat oleh pemerintah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan menghimbau untuk tetap di rumah saja. Tidak bisa di pungkiri juga bahwa berdiam diri dirumah dengan jangka waktu yang cukup lama selama pandemi membuat Stres, gelisah, cemas, hingga depresi. Hal ini merupakan kondisi mental yang marak terjadi di masa pandemic Covid-19.

Yuk! Intip tips menjaga mental health kalian selama pandemi!

• Memfilter berita yang beredar
Membaca informasi atau berita memang diperlukan, namun jangan sampai hal itu membuat kamu cemas. Cerdas dalam memfilter berita sehingga tidak mudah termakan berita hoax adalah hal utama yang bisa kamu lakukan untuk menghindari hal tersebut.

• Nikmati waktu luangmu bersama keluarga
Kamu bisa menghabiskan waktu luangmu bersama keluarga ketika waktu makan tiba dan di akhir pekan dengan berbincang, melakukan permainan seru, atau menghubungi saudara dengan aplikasi video call.

• Bercerita
Kalau kamu merasa tidak nyaman pada hal tertentu dan sudah ditahap mengganggu aktivitas, kamu bisa berbagi cerita kepada orang-orang yang dipercaya. Baik itu keluarga, teman dekat, bahkan psikolog. Dengan berbagi cerita, kamu akan merasa lega dan setidaknya suasana hati akan menjadi lebih tenang

• Rajin konsumsi Buah dan Sayur
Sayur dan Buah adalah nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk memenuhi kebutuhan serat, vitamin, mineral apalagi di tengah pandemic Covid-19 seperti saat ini.

• Olahraga itu penting
Sibuknya aktivitas dan pekerjaan membuat kita suka lupa untuk olahraga. Padahal, olahraga dapat membantu kamu agar lebih fresh. Sempatkan waktu setidaknya 15-30 menit sehari untuk jalan pagi di sekitar rumah, melakukan yoga, atau stretching ringan di rumah

• Lakukan Hobi
Pandemi Covid-19 membuat masyarakat semakin kreatif dalam mengisi waktu luang selama di rumah. Salah satunya menggeluti beragam hobi serta kegiatan baru demi meningkatkan produktivitas dan kesenangan.

• Self-talk
Berusaha untuk berbicara kepada diri sendiri mengenai apapun yang kamu rasakan. Afirmasi positif yang disampaikan saat self-talk mampu menurunkan beberapa risiko gangguan kesehatan mental.

Yuk, tetap berpikir positif dan bersyukur dalam menghadapi situasi ini. Kita semua bisa bertahan di tengah pendemi Covid-19 dengan fisik dan mental yang sehat tentunya!