JANGAN TAKUT VAKSIN! YUK KENALI JENIS-JENIS VAKSIN YANG DIGUNAKAN DI INDONESIA

Tubuh manusia memiliki sistem imun atau kekebalan tubuh yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari berbagai serangan organisme asing seperti virus dan bakteri. Cara kerjanya yaitu dengan mengirimkan sel tertentu untuk melawan kuman penyebab penyakit yang menyerang. Namun, sistem imun bisa melemah pada waktu-waktu tertentu, sehingga tidak tidak cukup kuat untuk melawan penyakit. Oleh karena itulah dibuat vaksin alias imunisasi.
Vaksin adalah “senjata” biologis yang digunakan untuk membantu sistem imun manusia melawan penyakit. Vaksin terbuat dari mikroba penyebab penyakit yang telah dilemahkan atau mati, atau agen yang mengandung racun atau protein tertentu.
Nah! Hingga Agustus 2021, sudah ada 5 jenis vaksin Covid-19 yang digunakan di Indonesia lho! Yuk intip jenis-jenis nya :

1. Sinovac
Adalah vaksin yang diproduksi perusahaan biofarmasi China, Sinovac BioTech. Virus ini sudah tidak dapat menginfeksi tubuh, namun bisa memicu pembentukan imun dan antibodi dalam tubuh kita. efikasi vaksin Sinovac sekitar 65,3% di Indonesia.

2. AstraZeneca
Vaksin AstraZeneca atau Oxford-AstraZeneca adalah vaksin yang diproduksi perusahaan biofarmasi asal Inggris bersama Universitas Oxford. Vaksin ini merupakan tipe vaksin viral vector yang memanfaatkan adenovirus simpanse (yang sudah dilemahkan sehingga tidak berbahaya), untuk mengantarkan protein spike dari Covid-19 ke dalam sel tubuh, sehingga memicu pembentukan antibodi. Efikasi dari vaksin AstraZeneca berada di angka 70% secara keseluruhan.

3. Moderna
Vaksin Moderna adalah vaksin yang diproduksi perusahaan bioteknologi asal Amerika Serikat, Moderna. Vaksin Moderna adalah tipe vaksin messenger RNA (mRNA) yang menggunakan materi genetik untuk memberikan stimulus kepada sel tubuh kita agar membentuk antibodi. Efikasi dari vaksin Moderna sekitar 95%.

4. Pfizer
Pfizer-BioNTech adalah vaksin pertama di dunia yang diberikan untuk masyarakat umum. Vaksin ini merupakan hasil kolaborasi antara perusahaan bioteknologi asal Jerman, BioNTech, dengan perusahaan farmasi asal Amerika, Pfizer. Sama seperti Moderna, vaksin Pfizer-BioNTech adalah vaksin tipe messenger RNA (mRNA) atau vaksin asam nuklea. Vaksin Pfizer-BioNTech memiliki efikasi sekitar 95%.

5. Sinopharm
Vaksin Sinopharm adalah vaksin virus corona buatan China dan telah diujikan di beberapa negara lainnya. Vaksin ini menggunakan platform yang sama dengan vaksin Sinovac, yaitu virus yang
diinaktivasi atau berjenis inactivated vaccine. Vaksin Sinopharm juga telah mendapatkan sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Efikasi vaksin Sinopharm sebesar 78,02%.

Vaksin COVID-19 diharapkan bisa menjadi solusi untuk menyudahi pandemi yang telah memakan banyak korban jiwa serta melumpuhkan aktivitas masyarakat. Mari sukseskan program vaksinasi COVID-19 yang diberikan gratis oleh pemerintah untuk seluruh rakyat Indonesia.