MAKAN BANYAK SAAT SAHUR JADI TAHAN LAPAR LEBIH LAMA. MITOS ATAU FAKTA?

Saat bulan Ramadhan, seluruh umat muslim diwajibkan untuk berpuasa selama kurang lebih 13 jam dalam sehari. Dengan maksud ingin tetap kenyang saat berpuasa, biasanya seseorang akan memilih untuk makan banyak ketika sahur.
Namun, hal tersebut rupanya merupakan kesalahan yang paling sering dilakukan oleh orang yang sedang berpuasa. Banyak orang yang menyangka jika makan berlebihan saat sahur akan menahan lapar lebih lama, sehingga mereka dapat berpuasa selama satu hari penuh. Namun, apakah benar hal tersebut?
Nyatanya, makan berlebihan saat sahur tidak secara langsung dapat membuat kamu kenyang lebih lama. Hal ini terjadi karena makanan yang kamu makan saat sahur akan langsung diproses oleh sistem pencernaan tubuh kamu. Waktu pencernaan tiap orang memang berbeda-beda. Namun umumnya, makanan hanya akan bertahan dalam perut dan usus kecil kamu hanya sekitar 6–8 jam saja, sebanyak apapun kamu makan.
Selain itu, makan berlebihan saat sahur justru berpotensi menyebabkan banyak masalah bagi kesehatan, lho. Makan terlalu banyak ketika sahur malah akan menyebabkan kamu mengalami berbagai masalah kesehatan, salah satunya gangguan pencernaan. Mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak saat sahur membuat sistem pencernaan bekerja lebih keras, sehingga akan mengeluarkan hormon dan enzim ekstra untuk memecah makanan yang masuk ke tubuh kamu. Untuk memecah makanan, lambung menghasilkan asam klorida.
Nah, bila kamu makan secara berlebihan, asam ini dapat kembali ke kerongkongan yang mengakibatkan heartburn dan rasa mulas. Kondisi ini dikenal juga dengan penyakit asam lambung atau GERD.
Mengingat banyak dampak buruk yang dihasilkan dari makan berlebihan saat sahur, kamu dianjurkan untuk makan porsi yang secukupnya. Jika kamu ingin kenyang lebih lama saat berpuasa, penting untuk memilih jenis makanannya bukan berdasarkan porsinya.

Jenis makanan yang dapat menahan rasa lapar lebih lama seperti :

• Karbohidrat kompleks, membuat proses pencernaan lebih optimal seperti nasi merah, oat, roti dari gandum utuh, sayur-sayuran dan buah-buahan. Kamu bisa mencoba memulai dengan camilan #SehatYangEnak yaitu Mony Oats, berbahan dasar oat yang dipadukan dengan rasa yang enak serta bikin kenyang lebih lama! Bebas kolestrol dan lemak trans, lho! Selain itu, kamu juga dapat mencampurkan Mony Oats dengan susu seperti sedang makan sereal ketika sahur. Selamat mencoba!
• Apel dan pir, dianjurkan dimakan dengan kulitnya jangan dijus karena mengandung serat, kalsium, vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.
• Kurma, disarankan untuk mengonsumsi 2-3 butir ketika sahur karena mengandung tiga jenis zat gula yaitu glukosa, sukrosa, dan fruktosa yang dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil.
• Kacang-kacangan seperti kacang polong, kacang tanah, kacang kedelai, kacang hijau, buncis dan kacang panjang, tinggi kandungan serat dan protein nabati.
Jadi, makan banyak saat sahur dapat membuat kenyang lebih lama itu mitos ya! Banyak sekali jenis makanan yang bisa kamu konsumsi saat sahur untuk mendapatkan kenyang lebih lama tanpa harus mengonsumsinya berlebihan seperti yang sudah dijelaskan di atas. Semoga bermanfaat dan selamat berpuasa!