Pernah Dengar Istilah Vegan dan Plant-based, Apa ya Bedanya?

Perilaku pola hidup sehat sudah semakin tren di kalangan masyarakat terkini. Dengan cara mengganti bahan makanan yang terbuat secara alami tanpa pengawet dan tentu tanpa bahan hewani. Biasanya mereka menyebut dirinya sebagai “vegan” dan “plant-based diet” untuk menggambarkan gaya hidupnya. Padahal maupun “vegan” atau “plant-based diet” berbeda, lho.

Vegan

Menurut Healthline, istilah vegan dibuat oleh Donald Watson pada tahun 1944. Vegan didefinisikan sebagai seseorang yang menghindari bahan makanan hewani apapun seperti daging, ikan, seafood, susu, telur, keju, dan segala produk berasal dari susu.

Tidak hanya menghindari bahan makanan hewani, tetapi juga pakaian dan barang yang menggunakan anggota tubuh hewan, pertunjukan-pertunjukan hewan, dan juga produk yang proses ujinya menggunakan hewan.

Seiring berjalannya waktu, istilah vegan bukan lagi gaya hidup bahkan sudah menjadi gerakan dalam menangani masalah lingkungan dan kesehatan.

Plant-based

Sedangkan istilah plant-based dikenalkan oleh Dr. T. Colin Campbell pada 1980-an. Plant-based dikategorikan seseorang yang melakukan diet atau disebut juga plant-based diet yang fokusnya adalah untuk kesehatan misalnya untuk menurunkan berat badan.

Mereka yang seorang plant-based diet memungkinkan masih memakan makanan hewani hanya sesuai anjuran ahli nutrisi atau ahli diet. Selain itu, seorang plant-based diet juga masih memungkinkan menggunakan produk atau baju yang berasal dari anggota tubuh hewan.

Seorang plant-based diet bisa mengonsumsi makanan dari vegan, tetapi seorang vegan belum tentu bisa mengonsumsi makanan plant-based.

Ada beberapa keuntungan mengonsumsi makanan vegan dan plant-based. Keuntungan tersebut adalah nutrisi lebih cepat diserap dan disalurkan ke tubuh. Mereka melewati racun dan infeksi di saluran pencernaan yang memungkinkan tubuh berjalan secara optimal. Selain itu, diet vegan dan plant-based lebih ramah lingkungan karena bahan makanan hewani berkurang di dalam tubuh.

Jika Sobat ingin memulai diet vegan atau plant-based bisa dimulai dari mengonsumsi buah dan sayur, kacang-kacangan berprotein tinggi dan biji-bijian. Setelah itu, tetap konsultasikan ke ahli diet atau ahli nutrisi untuk pilihan terbaik Sobat.