Tips Biar Kamu Engga Feeling Guilty tiap abis nyemil snack

Snack atau makanan ringan yang asin dan manis – manis ini emang enak banget banget sih untuk dinikmatin kapapun dan bikin banyak orang ketagihan deh. Tapi, kalau kebanyakan juga enggak baik sih bisa-bisa kita lupa sama makanan pokok kita yang harus dipenuhi seperti sumber protein, atau sayuran yang kaya vitamin yang gak kita dapetin di snack kita. Ya, emang sih konsumsi snack asin apalagi manis-manis tuh bikin kita candu dan engga pengen berhenti, abis makan feeling guilty deh sama masalah kesehatan tubuh ini.
Tapi tenang aja MonMin punya tips loh buat kamu yang sering feeling guilty tiap abis nyemil snack-snack biar rasa itu sedikit berkurang lah yaa.

1.Baca dulu kandungan gizi pada kemasannya.
Saat membeli snack, coba perhatikan dulu label informasi gizi pada kemasannya. Snack dalam kemasan besar biasanya memiliki lebih dari satu takaran saji. Ini berarti jumlah kalori dan kandungan gizi pada suatu produk snack harus dikalikan sebanyak takaran sajinya.
Contohnya, suatu produk keripik kentang mengandung 110 kalori, 6 gram lemak, dan 100 miligram natrium per takaran saji. Jika takaran sajinya tiga, Anda akan mendapat 330 kalori, 18 gram lemak, dan 300 miligram natrium dari sebungkus keripik tersebut.

2.Dimakan secukupnya, jangan berlebihan ya!
Terkadang kita nggak sadar kalau kita udah makan snack kemasan dengan kalori, lemak, dan natrium yang tinggi. Guna menghindari efek negatif konsumsi snack kemasan, batasilah konsumsinya setiap hari. Kita bisa membatasi asupan snack harian agar tidak lebih dari 200 kalori per hari. Asupan lemak total sebaiknya tidak lebih dari 35% dari kebutuhan kalori harian Anda. Batasi pula asupan natrium agar tidak lebih dari 230 miligram untuk mencegah risiko penyakit.

3.Jangan satu bungkus di abisin sekaligus
Makan snack kemasan cenderung membuat kita candu dan ingin makan secara terus-terusan. Karena, snack kemasan memiliki rasa yang lezat, tapi kandungan protein dan serat di dalamnya sangat rendah sehingga kita tidak merasa kenyang. Supaya tidak makan berlebihan, coba bagi snack menjadi 2 – 3 porsi atau sesuai takaran saji. Atau, bisa juga dibagi sama teman atau saudara sehingga kita tidak menghabiskannya sendirian.

4.Seimbangin juga dengan makan-makanan yang bergizi.
Batasi konsumsi makanan ringan yang mengandung energi, lemak, dan natrium yang tinggi. Selain itu, seimbangkan dengan camilan sehat lainnya yang kaya gizi. Camilan yang mampu mengganjal perut kita hingga waktu makan selanjutnya.
Ada berbagai pilihan camilan sehat yang bisa dicoba, seperti buah-buahan, yogurt tawar, atau kacang-kacangan. Berbagai camilan ini mengandung banyak protein dan serat yang bisa bikin kita kenyang lebih lama.

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa MonMin kasih buat kalian. Abis baca ini harus pilih-pilih snack yang kandungan gizinya baik ya seperti mony oats yang punya banyak kandungan baik di tiap kemasannya.